LOADING...
TUNGGU BENTAR YA MBAK... MAS...

Translate halaman ini

Yuk Tegakkan Sholat..

istiqomah dalam kebaikan... karena kebaikan senantiasa menuntun kepada cinta sejati, tuhan semesta alam...

gerbang pintas....

Senin, 17 Mei 2010

MOTOR KEMBAR beda karburator


Kiprahnya di trek lurus 800 meter, usah disangsikan. Yamaha Jupiter milik Alyamin Bots Speed ini, rajai kebut malam hari. Bahkan, akhirnya sekarang jadi sulit mencari partner lagi buat karapan. Begitunya kini lawan pun jadi teman.

“Bisa dibilang githu, motor banyak nganggurnya. Tapi enggak apa juga, kan kami memang ingin cari teman doang,” ungkap Ayak, pemilik workshop yang terletak di Jl. Kerja Bakti, No. 2, RT 04/03, Halim, Jakarta Timur.

Wah, kalau githu boleh dong sekarang buka-bukaan. He..he..he... Soale, pria 26 tahun ini pun bersedia 4360jupiter-boyo3.jpgbongkar dapur pacu Jupiter yang sejatinya dibikin kembar. Iya, ada dua motor. Bedanya, hanya di karbu. Soal motor kembar, lihat boks ya.

Lanjut! Hajar kompresi tinggi, seting dilakukan. Mulai dari kepala silinder dulu aja ya. Biar padat, head dipapas 0,8 mm. Lalu sudut kubah dibuat ulang sesuaikan klep yang diaplikasi.

"Klep pakai aftermarket dari Thailand. Untuk klep isap pakai 32 mm, klep buang 29 mm,” ujar Ayak. Oh ya, untuk bikin motor kencang ini, Ayak tak sendiri. Tapi dibantu mekaniknya yang disapa Kebot.

4359jupiter-boyo2.jpgDengan klep yang tergolong gambot, lift klep masuk dibikin jadi 10 mm dan klep buang jadi 9,5 mm. “Untuk trek panjang, sengaja lift dibuat tinggi. Tujuannya agar bahan bakar yang masuk banyak dan keluar banyak. Pokoknya sesuai kebutuhan mesin,” ujar Kibot buka suara.

Apalagi, isi silinder sekarang sudah bengkak jauh dari standar Jupiter itu sendiri. Ya, berkat ubah stroke yang sebelumnya 57,9 mm kini 66 mm. Maka kapasitas mesin naik jadi 225,3 cc. Kok 225, 3 cc? Sabar! "Enaknya lagi, mesin jadi square. Karena piston yang dipakai juga punya Kawasaki Bosh diameter 66 mm. Power atas-bawah rata,” ungkap Kibot yang mesinnya dijoki Tilil ini. Ubahan ini,bikin kompresi jadi 13 : 1.

Tuh kan!

MOTOR KEMBAR BEDA KARBU

Seperti dibilang di atas, kalau Ayak sengaja membuat dua motor dengan spek mesin sama. Kok bisa? Ya iya dong, kan pakai catatan riset. Bukan cuma dari feeling. Begitunya kedua motor kembar ini, dibedakan dari part pengabut bahan bakar dan udara. Tul, karburator.

"Soalnya kadang ada yang ajak main pakai karbu standar juga," ujar Ayak yang sekarang juga mainan skubek ini. Jika untuk main bebas pakai karbu Daytona Sudco 28 mm, maka karbu standar direamer lagi hingga 24,5 mm.


sumber : motorplus-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim anti korupsi

Muslim anti korupsi
jaga kehormatan, jaga kesucian...
Kejujuran senantiasa menuntun menuju kebaikan...
go to my homepage
iman=sabar+syukur
Blogger Indonesia
Kang roni
:-)