LOADING...
TUNGGU BENTAR YA MBAK... MAS...

Translate halaman ini

Yuk Tegakkan Sholat..

istiqomah dalam kebaikan... karena kebaikan senantiasa menuntun kepada cinta sejati, tuhan semesta alam...

gerbang pintas....

Senin, 17 Mei 2010

Beda Betik dan Skubek


4189betik-01-ap-honda.jpgSedikit penasaran dengan bebek matik atau betik Honda yang Em-Plus jajal di Thailand beberapa waktu lalu. Iya, Honda Wave 110i AT. Terutama, ketika melihat engine yang sangat berbeda dengan mesin yang diusung skubek alias skuter bebek.

Ya! Pandangan sedikit bergeser ke engine sebelah kanan. Itu tuh, kalau di motor bebek biasa, tempat bernaungnya rumah kopling dan sebagainya. Di betik Wave AT, tempat ini juga memiliki permukaan luar yang sama. Artinya, tertutup.

Ini salah satu yang membedakan engine skubek dengan betik. Sebab jika di skubek, sisi kanan ini terdapat kipas pendingin mesin. Itu lho, kipas yang pemasangannya di magnet. Kipas itu berfungsi menangkap dan mengalirkan udara ke bagian blok dan kepala silinder agar lebih dingin tertiup hembusan angin.

Tapi kalau di betik, tidak dilengkapi kipas lagi. Lalu, gimana dengan pendinginannya ya? Apakah maksimal? Sebab kini ruang itu hanya disesaki komponen berupa puli. Ya, drive atau penggerak puli dan driven alias yang digerakkan puli.4190betik-02-ap-honda.jpg

Hebatnya, meski tidak memiliki kipas layaknya skubek, betik yang Em-Plus jajal dengan waktu yang cukup lama itu mempunyai suhu relatif stabil. Ya, tidak ada panas berlebih keluar dari engine meski digeber lama. Padahal, cuaca di Thailand saat itu sama seperti di Jakarta. Puanaasss!

Mungkin saja karena konstruksi bodi dan sasis berbeda. Iya! Alasan skubek dilengkapi kipas, karena bagian engine itu tertutup cover bodi tengah. Sehingga, engine jadi tidak bertemu langsung dengan terpaan angin dari depan.

Sedang betik tidak! Di betik, bagian kepala silinder dan blok silinder tetap terbuka di bawah underbone. Sehingga, part itu cenderung terkena hembusan angin. Makanya, tidak perlu lagi diberi pendinginan tambahan.

So, untuk betik tinggal memikirkan pendinginan mesin bagian tengah atawa crankcase ya. Dari diagram mesin yang diterima, pendinginan mesin bagian tengah ini hanya melalui sirkulasi udara dari bagian puli.

Tapi, tentunya ada saluran untuk udara masuk dan udara keluar dong. Melalui slang udara atau inlet of cold air yang diamaternya cukup besar, udara masuk dan diisap juga disalurkan drive puli. Saluran ini, berada tepat di tengah atas crankcase bagian depan.

Kemudian, udara itu disalurkan lagi ke bagian driven puli dan dibuang melalui outlet of cold air yang letaknya di belakang saluran udara masuk. Pastinya alur aliran udara itu mengalir ke sisi belakang dong.

4191cv-matic-03.jpgSelain pendinginan, mari kita lihat bagian pelumasan. Untuk memasukkan pelumas ke mesin betik Honda ini, tidak seperti di bebek biasa atau manual. Lubang untuk masuknya oli, berada di sisi crankcase kiri. Ya, lubang ini menjadi satu dengan bak magnet.

Gitu juga dengan kick starter alias engkol. Pastinya, juga dari sebelah kiri dong. Lah wong di sisi kanan hanya terdapat puli saja. Oh ya! Seperti yang Em-Plus pernah sebutkan, kalau betik ini mengusung rantai sebagai penggerak roda belakang.

Itu bisa terlihat dengan aplikasinya gir depan di crankcase dan juga gir belakang yang pastinya di teromol roda belakang. Begitunya kemudahan penyesuaian kebutuhan gir tinggal lewat kombinasi gir. Mudah kan?

Tentunya ini juga yang membedakan betik dengan skubek. Untuk memperingan akselerasi di skubek, musti ubah bobot roller dong. Sedang di betik, lagi-lagi cukup lewat gir. Iya, jika untuk kebutuhan balap, gir tinggal menyesuaikan seperti seting pacuan bebek.
 

sumber : motorplus-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim anti korupsi

Muslim anti korupsi
jaga kehormatan, jaga kesucian...
Kejujuran senantiasa menuntun menuju kebaikan...
go to my homepage
iman=sabar+syukur
Blogger Indonesia
Kang roni
:-)